Friday 18 December 2015

Pengertian Gambar 2DIMENSI DAN 3DIMENSI

Pengertian Gambar 2DIMENSI DAN 3DIMENSI

2D Dua Dimensi 
merupakan  dimensi panjang dan lebar dalam satu bidang datar, jadi hanya ada panjang dan lebar saja tanpa adanya dimensi tebal. Bidang dua dimensi dapat digambarkan dengan sumbu X dan Y. Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan. 
Macam-Macam objek 2D : 
 Line, Circle, arc, polygon, text,section, rectangle, ellips, star, helix
Gambar disamping adalah contoh gambar yang menunjukkan dimensi dua ruang. Gambar ini hanya berposisi pada koordinat sumbu X dan Y tampa adanya koordinat sumbu Z.

3D Tiga Dimensi
Merupakan adanya dimensi tebal pada gambar sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata dari pada gambar dua dimensi. Biasanya bidang tiga dimensi dinyatakan dengan sumbu X Y dan Z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Konsep tiga dimensi atau 3D menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geometris yang terdiri dari: kedalaman, lebar dan tinggi. Contoh tiga dimensi suatu objek / benda adalah bola, piramida atau benda spasial seperti kotak sepatu.
Karakteristik 3D

Mengacu pada tiga dimensi spasial, bahwa 3D menunjukkan suatu titik koordinat Cartesian X, Y dan Z. Penggunaan istilah 3D ini dapat digunakan di berbagai bidang dan sering dikaitkan dengan hal-hal lain seperti spesifikasi kualitatif tambahan (misalnya: grafis tiga dimensi, 3D video, film 3D, kacamata 3D, suara 3D).

Macam-macam objek 3D :
Box, sphare, cyllinder, tube, pyramid,hedra

Gambar ini menempati ruang dimensi berkoordinat X Y dan Z. Gambar yang menempati dimensi ruang panjang lebar dan tinggi bisa dikategorikan sebagai gambar tiga dimensi.

PENGERTIAN PROYEKTOR.
Projektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
Mengapa projector ? Dibandingkan dengan media yang lain seperti Plasma atau LCD Display, projector memiliki beberapa kelebihan seperti, dapat membuat tampilan yang sangat besar, dapat di bawa dengan mudah serta fleksibilitas yang tinggi.

FUNGSI PROYEKTOR
1. Sebagai Alat Presentasi
Projector dapat membuat sebuah presentasi menjadi lebih hidup, karena dengan tampilan gambar atau tulisan itu kita dapat memberikan presentasi yang lebih dinamis dan atraktif.
2. Sebagai Pemutar Video (Home Theater)
Dengan Projector kita dapat menikmati bioskop di dalam rumah. Ini dikarenakan proses tampilan yang terjadi di bioskop bisa kita tampilkan di rumah, yaitu dengan proyeksi.
3. Sebagai Media Informasi
Karena Projector dapat menampilkan tampilan dengan layar besar, maka projector sangat efektif untuk dijadikan sebagai media informasi.
4. ProAV pelanggan
5. Mobile professional
6. Display pameran, dan
7. Home theater

HUBUNGAN PROYETOR DENGAN PEMBELAJARAN
Dalam kegiatan pembelajaran agar materi pembelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya melalui indra pendengaran saja atau melalui metode ceramah saja, tapi juga bisa menggunakan alat peraga yang bisa dinikmati oleh indera penglihatan. Ada banyak macam media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya adalah LCD Proyektor atau infokus.

In-focus atau LCD Proyektor digunakan sebagai perangkat keras (hardware) yang sama fungsinya dengan monitor yang dapat memproyeksikan gambar di monitor ke dinding atau layar (screen) sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Semakin jauh jarak layar dengan LCD proyektor akan semakin besar gambar yang dihasilkan. Infokus sering digunakan untuk presentasi, seminar, pembelajaran di sekolah maupun dikampus, bahkan dapat juga digunakan sebagai sarana menonton bersama karna ukuran gambarnya bisa diperbesar.

Infokus sebagai media pembelajaran di 
sekolah dasar bertujuan untuk mengenalkan materi secara audio-visual. Infokus telah memberikan dampak yang besar bagi dunia pendidikan. Guru dapat menggunakan infokus sebagai media pembelajaran dengan cara menampilkan materi pelajaran pada layar infokus dengan demikian kegiatan belajar dan mengajar terlihat hidup dan bervariasi.


Media pembelajaran Infokus yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa.

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Comments

 
© 2013 Kang Aldie | Designed by Making http://grtkehed.blogspot.co.id/ | Provided by Aldie | Powered by Blogger