Pengertian
Gambar 2DIMENSI DAN 3DIMENSI
2D
Dua Dimensi
merupakan dimensi
panjang dan lebar dalam satu bidang datar, jadi hanya ada panjang dan lebar
saja tanpa adanya dimensi tebal. Bidang dua dimensi dapat digambarkan dengan
sumbu X dan Y. Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan
dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum
sebesar resolusi yang digunakan.
Macam-Macam objek
2D :
Line, Circle, arc, polygon,
text,section, rectangle, ellips, star, helix
Gambar disamping adalah contoh
gambar yang menunjukkan dimensi dua ruang. Gambar ini hanya berposisi pada
koordinat sumbu X dan Y tampa adanya koordinat sumbu Z.
3D
Tiga Dimensi
Merupakan adanya
dimensi tebal pada gambar sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata dari pada
gambar dua dimensi. Biasanya bidang tiga dimensi dinyatakan dengan sumbu X Y
dan Z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari
pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi,
biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada
kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan
variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri
(bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis
dalam memainkan game komputer.
Konsep tiga dimensi atau 3D
menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geometris yang
terdiri dari: kedalaman, lebar dan tinggi. Contoh tiga dimensi suatu objek /
benda adalah bola, piramida atau benda spasial seperti kotak sepatu.
Karakteristik 3D
Mengacu pada tiga dimensi spasial,
bahwa 3D menunjukkan suatu titik koordinat Cartesian X, Y dan Z. Penggunaan
istilah 3D ini dapat digunakan di berbagai bidang dan sering dikaitkan dengan
hal-hal lain seperti spesifikasi kualitatif tambahan (misalnya: grafis tiga
dimensi, 3D video, film 3D, kacamata 3D, suara 3D).
Macam-macam objek 3D :
Macam-macam objek 3D :
Box, sphare, cyllinder, tube,
pyramid,hedra
Gambar ini menempati ruang dimensi
berkoordinat X Y dan Z. Gambar yang menempati dimensi ruang panjang lebar dan
tinggi bisa dikategorikan sebagai gambar tiga dimensi.
PENGERTIAN PROYEKTOR.
Projektor adalah perangkat yang
mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan
tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
Mengapa projector ? Dibandingkan dengan media yang lain
seperti Plasma atau LCD Display, projector memiliki beberapa kelebihan seperti,
dapat membuat tampilan yang sangat besar, dapat di bawa dengan mudah serta
fleksibilitas yang tinggi.
FUNGSI PROYEKTOR
1. Sebagai Alat Presentasi
Projector dapat membuat sebuah presentasi menjadi lebih hidup, karena dengan
tampilan gambar atau tulisan itu kita dapat memberikan presentasi yang lebih
dinamis dan atraktif.
2. Sebagai Pemutar
Video (Home Theater)
Dengan Projector kita dapat menikmati bioskop di dalam
rumah. Ini dikarenakan proses tampilan yang terjadi di bioskop bisa kita
tampilkan di rumah, yaitu dengan proyeksi.
3. Sebagai Media
Informasi
Karena Projector dapat menampilkan tampilan dengan layar
besar, maka projector sangat efektif untuk dijadikan sebagai media informasi.
4. ProAV pelanggan
5. Mobile professional
6. Display pameran, dan
7. Home theater
HUBUNGAN PROYETOR DENGAN PEMBELAJARAN
Dalam kegiatan
pembelajaran agar materi pembelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik
bagi peserta didik, tidak cukup hanya melalui indra pendengaran saja atau
melalui metode ceramah saja, tapi juga bisa menggunakan alat peraga yang bisa
dinikmati oleh indera penglihatan. Ada banyak macam media yang dapat digunakan
dalam pembelajaran, salah satunya adalah LCD Proyektor atau infokus.
In-focus atau LCD Proyektor digunakan sebagai perangkat keras (hardware) yang sama fungsinya dengan monitor yang dapat memproyeksikan gambar di monitor ke dinding atau layar (screen) sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Semakin jauh jarak layar dengan LCD proyektor akan semakin besar gambar yang dihasilkan. Infokus sering digunakan untuk presentasi, seminar, pembelajaran di sekolah maupun dikampus, bahkan dapat juga digunakan sebagai sarana menonton bersama karna ukuran gambarnya bisa diperbesar.
Infokus sebagai media pembelajaran di sekolah dasar bertujuan untuk mengenalkan materi secara audio-visual. Infokus telah memberikan dampak yang besar bagi dunia pendidikan. Guru dapat menggunakan infokus sebagai media pembelajaran dengan cara menampilkan materi pelajaran pada layar infokus dengan demikian kegiatan belajar dan mengajar terlihat hidup dan bervariasi.
Media pembelajaran Infokus yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa.
0 komentar:
Post a Comment